Pertemuan 1
04 March 2024
Timeline:
2010-2012: Kementerian Perindustrian
2012-2014: S2 in economics dari UI/VU
2015-2017: Dosen di Poltek APP Jakarta
2017-2022: S3 ekonomi di ANU
2022- : Dosen di Poltek APP Jakarta
Perkuliahan semester ini:
Matematika & Statistika di Poltek APP
International Economics & ASEAN economies di UI.
Akses:
Surel: imade.krisna@poltekapp.ac.id
Lewat BPK masing-masing
more at krisna.or.id and imedkrisna.github.io
Administrasi dan Struktur mata kuliah
Notasi dan dasar-dasar matematika
Matematika dan statistika mendapat reputasi sebagai “ilmunya anak IPA”.
Padahal, keduanya digunakan sebagai alat analisis oleh banyak bidang sosial!
Menghitung risiko untuk keputusan investasi.
Meramalkan berbagai indikator ekonomi.
Bahkan, statistika digunakan untuk “berbohong”.
Zaman sekarang, ilmu statistika dan analisis data menjadi semakin penting lagi.
Menurut World Economic Forum, kemampuan berpikir analitik dan penggunaan teknologi merupakan 2 dari 10 kemampuan yang paling dicari pada 2025.
Melalui inisiatif Industri 4.0, Kementerian Perindustrian menitik-beratkan kemampuan analitik dan operasional teknologi komputasi.
Permintaan industri akan individu yang punya kemampuan analitik berdasarkan data semakin tinggi.
Data semakin banyak, pengolahnya masih sedikit.
Profil lulusan yang diincar:
Menguasai pengetahuan tentang cara memilih dan menggunakan alat manajemen (management tools) untuk menetapkan suatu keputusan manajerial
Diturunkan menjadi capaian mata kuliah:
Mahasiswa mampu Menggunakan alat analisis berbasis statistika.
Mata kuliah ini wajib dan merupakan prasyarat dari mata kuliah Metodologi Penelitian.
Beberapa hal yang akan anda pelajari:
present & future value
probabilitas dan sampling.
mendapat gambaran dari populasi: nilai tengah, deviasi, distribusi.
belajar menggunakan alat-alat analisis: hypothesis testing dan regresi.
Ilmu di mata kuliah ini merupakan konsep-konsep dasar.
Mengantarkan anda ke mata kuliah lain, terutama Metodologi Penelitian:
menghitung risiko dan hedging di keuangan internasional.
Akan membahas data time-series, yang sangat penting di dunia perdagangan internasional.
Membuat laporan analitik yang berguna di industri (dan TA).
Ilmu dari mata kuliah ini tidak akan membuat anda jadi ahlinya data!
Analisis dapat dilakukan oleh supervisor anda.
Modal yang penting untuk mengejar pendidikan lanjut.
3 pegangan utama:
Dumairy. 2003. Matematika Terapan untuk Bisnis dan Ekonomi Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Heumann, C., Schomaker, M., Shalabh. 2016. Introduction to Statistics and Data Analysis. Cham: Springer.
Irianto, Agus. 2004. Statistik: Konsep Dasar, Aplikasi, dan Pengembangannya. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
No 1 dan 3 Tersedia di perpustakaan
metode | cakupan materi | bobot (%) |
---|---|---|
Tugas kelompok | minggu 8-13 | 30 |
UTS | minggu 1-7 | 30 |
UAS | semua | 40 |
Tugas kelompok: ngerjain soal kasus. Post-UTS.
UTS & UAS: 4 soal, essay semua, tutup buku kecuali catatan selembar A4. No tech kecuali kalkulator.
Masih tentatif. Jika ada perubahan akan dikabari lebih lanjut.
Slides dapat diakses di krisna.or.id/courses/statistika/slides.
Apa yang dimaksud dengan matematika?
Matematika bukan (hanya) soal berhitung!
Matematika (dari bahasa Yunani Kuno) berarti ilmu pengetahuan, pengkajian, pembelajaran.
Matematika sendiri merupakan sekumpulan ilmu abstrak dan terapan yang mempelajari bilangan, struktur, ruang, dan perubahan.
Di mata kuliah ini, matematika yang anda pelajari hanya akan berisi sedikit tentang hubungan antar-bilangan dan/atau himpunan.
Kita juga akan belajar dinamika bilangan yang kita sebut dengan deret
Anda juga akan belajar konsep fungsi dan diagram kartesius, konsep yang sangat penting untuk menganalisis ekonomi.
Kita juga akan belajar peluang, dan sedikit tentang differensial / turunan.
Himpunan adalah suatu kumpulan atau gugusan dari sejumlah obyek.
Misalnya; \(A=\{2,4,6,8\}\)
Misalnya: HIMA={Adit,Carol,Dian,Raja}
Notasi | Artinya |
---|---|
\(\in\) | Anggota / elemen |
\(\not \in\) | Bukan anggota / bukan elemen |
\(\subset\) | bagian / subset |
\(\not \subset\) | bukan bagian / bukan subset |
\(\cup\) | gabungan / union |
\(\cap\) | irisan / intersection |
\(\varnothing\) | himpunan kosong |
Contoh: Carol \(\in\) HIMA, 4 \(\in\) A, Soni \(\not \in\) HIMA
\[ \begin{aligned} A&=\{0,1,2,3,4,5,6,7,8,9\} \\ B&=\{0,1,2,3\} \\ C&=\{1,3,5,7,9\} \\ D&=\{9\} \end{aligned} \]
Coba jawab pertanyaan-pertanyaan ini:
Himpunan juga dapat kita batasi dengan aturan verbal. Misalnya:
A adalah sebuah himpunan yang anggotanya adalah bilangan genap antara 1 sampai 9
nama | nilai matstat |
---|---|
Adit | 90 |
Carol | 92 |
Dian | 70 |
Raja | 65 |
B adalah himpunan mahasiswa yang dapet nilai di atas 80.
Jika \(a \leq b\), maka -a \(\geq\) -b dan sebaliknya
Jika \(a \leq b\) dan \(x \geq 0\), maka \(xa \leq xb\), sedangkan Jika \(a \geq b\) dan \(x \geq 0\), maka \(xa \geq xb\),
Jika \(a \leq b\) dan \(x \geq 0\), maka \(xa \geq xb\), sedangkan Jika \(a \geq b\) dan \(x \leq 0\), maka \(xa \leq xb\),
Jika \(a \leq b\) dan \(c \leq d\), maka \(a+c \leq b+d\), sedangkan jika \(a \geq b\) dan \(c \geq d\), maka \(a+c \geq b+d\)
Di matematika, kita selalu bicara prinsip generalisasi.
puyeng? Coba ganti huruf2 tsb dengan angka.
\[ \begin{align} a+b&=b+a \\ a \times b &= b \times a \end{align} \]
\[ \begin{align} a+b&=b+a \\ a \times b &= b \times a \end{align} \]
Jika \(\ \ \ a+c = b+c\)
maka \(\ \ \ \ \ \ \ a = b\)
\[ a(b+c)=ab+ac \]
\[ \begin{aligned} a \pm 0 &= a \\ a \times 1 &= a \\ a : 1 &= a \end{aligned} \]
\(a+(-a)=0 \ \ \ \ \ \ \ \ \ \ a \times \frac{1}{a}=1 \ \ \ \ \ \ \ \ \ \ \ \ \ \frac{a}{a}=1\)
\(a-b=-b+a\)
\(\\\)
Jika \(a-b=c+d\), maka:
\[ \begin{aligned} a &= c+d+b \\ -b &=c+d-a \\ a-b-c &= d \\ a-b-d &= c \\ a-b-c-d &= 0 \end{aligned} \]
Jika \(ax=\frac{b}{y}\), maka
\[ \begin{aligned} a &= \frac{b}{xy} \\ axy &= b \\ \frac{axy}{b} & = 1 \\ 1 &= \frac{b}{axy} \end{aligned} \]
Penjumlahan: \(\frac{a}{x} + \frac{b}{y}=\frac{ay+bx}{xy}\)
Pengurangan: \(\frac{a}{x} - \frac{b}{y}=\frac{ay-bx}{xy}\)
Perkalian: \(\frac{a}{x} \times \frac{b}{y} = \frac{ab}{xy}\)
Pembagian: \(\frac{a}{x} : \frac{b}{y}=\frac{a}{x} \times \frac{y}{b}\)
akar dan deret
Nilai Joni lebih besar daripada nilai Tika. Tika protes ke dosen dan minta nilainya ditambah sebesar 10 poin. Jika dosen akhirnya menambah 10 poin ke nilai seluruh mahasiswa, apakah nilai Tika jadi lebih besar daripada nilai Joni?
Perusahaan A menawarkan minuman dengan harga 10 ribu rupiah sementara perusahaan B menawarkan minuman dengan harga 8 ribu. Perusahaan A memberi diskon sebesar 10%, dan perusahaan B merespon dengan diskon yang sama, 10%. tanpa menghitung, apakah perusahaan A jadi lebih murah daripada perusahaan B?
\(53 \times 91 = 91 \times X\). Berapakah \(X\)? Coba tebak tanpa menghitung.
\(9+X=1\). Berapakah \(X\)?
\(10 \times X = 1\). Berapakah X?
Hitunglah \(\frac{9}{10}+\frac{12}{19}\)
Hitunglah \(\frac{9}{10} \times \frac{12}{19}\)
Tanpa hitung, tebak \(\frac{8}{11} : \frac{13}{13}\)